GIT Master — The Reminder Guide

Tommy Alhamra
3 min readOct 29, 2020

--

Hi para pemuja git. Ini adalah tulisan dokumentasi bagaimana saya merangkum sebuah kumpulan kode GIT. Dan dipindahkan ke dalam sebuah website dengan gaya penulisan yang sederhana dan ringan versi saya. Semoga Bermanfaat. Enjoy~

git master — the reminder guide by: imotd

Bercocok padi di Petanikode

Awal belajar git pertama kali itu di petanikode . Karena dulu itu tutorial git kebanyakan berbahasa inggris dan saat itu ngeliat tutorial berbahasa inggris itu masih kurang paham dan banyak tidak mengertinya. ~memang ga pinter bahasa inggris.

Tapi terimakasih untuk Petani Kode membuat harapan belajar itu masih ada. Materinya yang ringan dan mudah dimengerti. Sangat cocok untuk yang mau berkenalan dengan Version Control System.

Kursus Online di Codesaya

Sebelum banyaknya tutorial gratis dan kursus online gratis. Codesaya adalah course pertama saya untuk belajar git. Walaupun sudah tidak update situsnya namun untuk pemula masih recommended materinya. Yang Seru disini kita memiliki lencana jika menyelesaikan kurus ini.

Jadi untuk mengerjakannya pun seperti bermain game. Karena sudah disediakan terminal dan langsung bisa dicoba menggunakan GIT.

Masalah yang selalu looping

Hal-hal yang membuat saya selalu lupa dalam kode git ialah kode-kode yang tergolong dasar. Seperti cara mengembalikan kode sebelumnya atau menghapus commitan sebelumnya. Dan saya selalu mendatangi situs petanikode atau saya mencari kembali di google.

Dan itu membutuhkan waktu untuk mencari di sumber sumber terpisah. Karena keribetan itu saya membuat website untuk mengumpulkan kode-kode yang biasa saya gunakan dan tergolong lupa.

Jadi saya tinggal buka satu sumber dan semuanya sudah ada. ~seperti itu ceritanya.

Ide Penamaan Project

Untuk penamaan saya namakan ada unsur kata ‘ Masternya ’ karena menurut saya , ini tuh kumpulan-kan jadi ibaratnya masteran gitu ~hehe. Terus branch di git biasanya kan selalu ada masternya, jadi biar terasa lebih dekat dan mudah di ingat. ~seperti itu

Disclimer : Penamaan master bukan berarti web saya adalah ahlinya ahli yah. Penjelasannya bisa dibaca diatas.

The Reminder Guide

Hanya bahasa inggris yang di translate ~hehe

Yang artinya panduan pengingat. Ini hanya tagline dan inti dari panduan ini ialah untuk mengingatkan ketika lupa pada syntax git.

Sesimple itu.

Design

Sebelum membuat project saya membuat designnya terlebih dahulu. Untuk yang mau lihat bisa di cek di behance atau klik disini . Designya maunya minimalis , clean dan fresh. ~segar

Layout

layout tampilan website ini terinspirasi dari web-web yang ada dokumetasinya. Sisi kiri menu dan sisi kanan contentnya.

Warna

Saya memakai warna biru. Karena biasanya pesan informasi itu identik dengan warna biru. Jadi karena ini bertujuan untuk informasi jadinya saya menggunakan warna biru. ~seperti itu

Inspirasi

Awal belajar saya juga menemukan situs yang keren dan menginspirasi saya membuat sebuah website. Website itu ialah https://rogerdudler.github.io/git-guide/

Saking kerennya, sekarang web tersebut sudah memiliki banyak bahasa. Dan banyak developer yang berkontribusi untuk menerjemahkan web tersebut.

Panduan belajar git yang ringkas dan padat serta to the point! ~keren

Teknologi

Untuk project ini rencananya saya hanya ingin menggunakan HTML dan CSS namun kebetulan sedang belajar vuejs . Jadinya kenapa tidak diterapin aja sekalian biar bermanfaat ilmunya.

Website Git Masternya masih tahap pengembangan. Namun doakan saya agar bisa konsisten dan sampai jadi websitenya.

Teknologinya jadinya menggunakan VueJs untuk frontendnya , terus framework cssnya menggunakan Milligram ~iseng gunain css ini pingin yang beda dan simple aja. Dan hostingnya menggunakan Github Page saja.

Wih.. Bang Jago!

Mantep banget!. Terimakasih ya buat semua yang bisa membaca sampai tahap terkahir ini. Itulah yang bisa saya bagikan.

Untuk yang ingin liat Repo Project saya bisa di :

Update!

Hai Guys…

Saya ingin infokan bahwa website saya alihkan ke GITBOOK karena banyak pertimbangan dan kendala yang saya hadapi. Jadinya dipindahkan ke gitbook platform menulis documentasi tanpa harus coding.

Sebenarnya bukan karena mudahnya di gitbook saya jadi mengurungkan diri membuat sendiri webnya. Namun ada kendala yang sayapun masih meraba-raba untuk deploynya.

Tetap saya gunakan dan Saya Buat seperti di gitbook.

Maka untuk repo git-master tersebut resmi jadi bengkel percobaan GIT Saya.

Maksudnya jadi tempat mencoba sytax git yang belum saya pelajari. Karena banyak yang belum saya ketahui mengenai git.

Dan semoga bisa mempermudah pekerjaan saya.

Website :

Untuk Percobaan Belajar : imotd.github.io/git-master/

Rangkuman Doc: https://imotd.gitbook.io/git-master/

--

--